Saturday, December 24, 2016

Siswa Muslim di Purwakarta Bantu Membersihkan Gereja Menjelang Natal

ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

Ininews.info - Kinanti, Rohandi, Bobby, Nisa, serta Aji, tampak repot. Lima siswa SMPN 1 Purwakarta itu menyapu serta memasukkan sampah pada kantong sampah di Gereja Bethel Tabernakel, Jalan Hidayat Martalogawa No 20, Purwakarta. 

Mereka bukan sekedar berlima. Sekurang-kurangnya kian lebih 50 siswa berkumpul di gereja itu mulai sejak jam 06. 30 WIB. Mereka dengan cara suka-rela datang saat guru menginformasikan bakal menolong bersihkan gereja untuk persiapan Natal. 

“Kami kumpul dahulu di sekolah jam 06. 15-an, selalu kesini jalan kaki. Gereja dekat dengan sekolah, jalan kaki 10 menit nyampe, ” tutur Nisa pada Kompas. com, Kamis (22/12/2016). 

Nisa menyampaikan, beberapa puluh siswa yang turut bersih-bersih sebagian besar muslim. Mereka turut menolong bersihkan gereja sebagai bentuk toleransi beragama. 

“Seru. Ini kenikmatan sendiri buat saya serta rekan-rekan yang lain. Umumnya cuma bersihkan masjid, saat ini turut menolong bersihkan gereja. Ini pengalaman baru untuk kami, ” papar Nisa. 

Bobby Mahesa Nur Hilal rasakan hal yang serupa. Sampai kini, ia kerap lihat gereja. Tetapi baru kesempatan ini datang ke gereja serta menolong membersihkannya. 

“Senang dapat bantuin. Tidak ada yang aneh, lantaran kerap saksikan gereja meskipun tak pernah masuk. Rekan nonmuslim juga agak banyak, ” ucap Bobby. 

Ia mengakui suka mempunyai rekan tidak sama kepercayaan. Lantaran ia dapat bertukar pendapat, berbagi, sampai tahu ini serta itu. Karena sangat semangatnya menolong, ia serta beberapa rekannya tak perduli pergi pagi buta dari tempat tinggal. 

“Saya pergi jam 5. 30 WIB kurang. Ada pula rekan yang pergi jam 5 kurang, ” katanya. 
Pendeta Gereja Bethel Tabernakel, Matius Suhardi mengakui bahagia dengan datangnya siswa-siswa muslim dari SMPN 1 Purwakarta. Hal semacam ini semakin mengokohkan toleransi Purwakarta yang telah lama terbangun. 

“Saya tinggal disini dari th. 1965 di lingkungan yang sebagian besar muslim. Mengagumkan disini, warganya baik semuanya, seperti saudara. Terima kasih Pak Bupati, mengizinkan gereja kami berdiri disini, ” terangnya. 

Terkecuali Gereja Bethel Tabernakel, aktivitas sama dikerjakan di Gereja Yos Sudarso serta lima gereja yang lain. 

“Ada tujuh gereja di Purwakarta. Jadi aktivitas ini dikerjakan di tujuh sekolah yang tempatnya berdekatan dengan gereja, ” tutur Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. 
Aktivitas ini dikerjakan lantaran kebetulan telah tak ada lagi pelajaran resmi di sekolah serta siswa mempunyai waktu senggang. 

“Lewat aktivitas ini siswa di ajarkan kebersihan, sama-sama menghormati, bangun empati, serta menumbuhkan toleransi, ” tutupnya. 

ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com